Kuliner & Wisata / Kuliner

Makanan Meksiko, Bukan Cuma Nachos

Pesona Kuliner
Jika ditanya tentang makanan khas Meksiko, mungkin banyak orang sudah tahu. Salah satu yang paling populer adalah nachos. Begitu populernya, sehingga restoran yang non-Meksiko pun banyak yang mencantumkan nachos di buku menunya. “Tapi coba tanyakan kepada orang Meksiko yang tinggal di Meksiko, berapa sering mereka makan nachos. Jawabannya, mungkin hanya sekali atau dua kali setahun,” begitu kata Gerardo Milan, Executive Chef Hacienda yang menemani saya bersantap. Dengan kata lain, orang Meksiko sendiri jarang menyantap hidangan asli negaranya. Karena itu, Gerardo bertekad memperkenalkan kekayaan kuliner bangsanya, yang menurutnya sangat beragam. Dan benar saja, saya sampai bingung melihat daftar hidangannya.

Saya memilih tiga hidangan; salad, taquitos (taco), dan pollo con mole. Salad mungkin bisa Anda temukan di mana-mana, taco juga tidak begitu membingungkan, karena sudah lebih familiar di telinga kita. Namun hidangan yang disebut terakhir dijamin  membuat Anda penasaran. Pollo con mole terdiri dari daging ayam dibungkus dengan tortilla dan dilumuri saus cokelat. Ya, benar, cokelat! Semua kebingungan itu akhirnya hilang saat saya mencicipinya. Bayangan cokelat yang manis seperti yang biasa terdapat pada dessert pupus sudah. Tidak ada rasa manis sama sekali, tetapi teksturnya yang tertinggal di mulut tetap mengingatkan saya pada cokelat yang biasa saya makan. Pokoknya, lezat. Oh ya, jika Anda penasaran dengan cocolan saus avolad yang sering ditemukan di masakan Meksiko, Anda bisa memesan table side guacamole, yang berarti guacamole tersebut langsung dibuat di samping Anda sebelum disantap. Makin penasaran, kan?  

Pengalaman bersantap ala Meksiko saya tutup dengan tiga minuman berwarna hijau, putih, dan merah, persis seperti bendera Meksiko. Ketiganya adalah gulf hacienda, horchata, dan strawberry margarita. Uniknya, aneka minuman yang tersaji di Hacienda, terutama cocktails, selalu dicampur dengan tequila, minuman khas orang Meksiko.   

Hacienda
Plaza Senayan Arcadia Unit X 105
Jalan New Delhi no 9, Pintu 1 Senayan, Jakarta
021-57901469, 98292403
Jam buka: 11.30 – 16.00 (lunch)
          18.00 – 00.00 (dinner)


Nofi Firman




KOMENTAR ANDA



Dengan meng-klik tombol "send" berarti Anda telah menyetujui Privacy Policy & disclaimer kami.

      login

Daftar di sini      |      Lupa Password
PESONA HARI INI
PESONA CETAK


KOMUNITAS


[ X ]
Setelah Anda browsing sebanyak 3 halaman, anda dapat mengisi angket mengenai website ini. Terima kasih.
Klik di sini untuk mengisi Angket.