Lebih banyak mendengarkan daripada banyak bicara mungkin bisa jadi resep sukses Anda di tempat kerja.
Sebagai atasan, sudah bukan zamannya lagi terus-terusan yang berbicara. Dengarkanlah tim Anda lebih sering, karena Anda bisa mendapat setidaknya 4 keuntungan dari situ, seperti ditulis Amy Cuddy dalam bukunya Presence Bringing Your Boldest Self to Your Biggest Challenges, yaitu:
1. Orang mempercayai Anda
Mendengarkan dan tidak ember alias bisa menyimpan rahasia akan membuat tim Anda lebih percaya pada Anda. Tanpa kepercayaan, Anda tak akan mungkin bisa memengaruhi mereka.
2. Anda mendapatkan informasi
Mendapatkan informasi lebih banyak, dan sering pula lebih cepat, akan membuat Anda lebih mudah dalam menangani persoalan. Dengan kata lain, Anda bisa dapat banyak perspektif sehingga bisa lebih objektif.
3. Anda bisa lebih objektif, dan mungkin saja mendapatkan 'geng baru'
Mendengarkan membuat Anda tak lagi melihat tim Anda atau rekan kerja sebagai stereotip (orang bagian X pasti begini; lulusan Y selalu melakukan hal itu, dan sebagainya), tapi mereka adalah individu. Dan bukan tak mungkin lama-lama Anda menemukan beberapa orang yang bisa masuk inner circle atau 'geng' Anda di kantor.
4. Jika merasa didengarkan, mereka akan bersedia mendengarkan
Jika mereka merasa Anda mendengarkan dan mau memahami mereka, mereka pun akan mendengarkan dan mencoba memahami Anda tanpa terpaksa.
[Baca ini juga agar bisa menghindari kesalahan sebagai atasan]