Bekerja, baik sebagai karyawan maupun bos besar, sama ribetnya.
Anda juga harus tanggap terhadap berbagai peraturan kerja baru di negara kita. Tak ada salahnya juga mengintip peraturan di negara sahabat.
Meski belum diterapkan di sini, empat peraturan atau calon peraturan kerja ini bisa jadi inspirasi agar Anda dan tim bisa bekerja lebih efektif, sekaligus lebih bersemangat.
1. Di Prancis, undang-undang baru menyatakan, perusahaan dengan pekerja lebih dari 50 orang harus memberi jaminan hak bagi karyawan untuk 'memutuskan hubungan' dengan e-mail di luar jam kerja, untuk meningkatkan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional.
Anda bisa mencuri peraturan ini, asal bidang kerja Anda memungkinkan. Jika tidak, buat giliran atau petugas piket jika memang ada pekerjaan yang terpaksa dicek di e-mail di luar jam kantor. Biasanya, sih, jika Anda berhubungan dengan klien atau principal lain benua.
2. Di Jerman, Kementerian Tenaga Kerja membatasi para manajer dari menghubungi staf mereka di luar jam kantor, dan perusahaan besar, termasuk Volkswagen dan BMW, sdah mngikuti peraturan ini. Di tahun 2014, perusahaan otomotif Daimler secara otomatis menghapus e-mail yang dikirimkan kepada karyawan yang sedang cuti.
Peraturan ini bisa Anda terapkan, asal adanya komunikasi dan pendelegasian yang jelas saat Anda cuti, terutama kepada klien besar atau dewan direksi. Selebihnya, cuti itu memang harus dinikmati.
3. Di Spanyol, pemerintah sendang mempertimbangkan untuk mengurangi jam kerja di Spanyol yang memang panjang sebanyak dua jam. Di Spanyol memang berlaku "siesta" atau waktu istirahat kerja yang panjang, yang membuat jam kerja makin panjang pula. Namun banyak karyawan tidak mengambil jatah siesta mereka, karena mereka memutuskan pulang lebih cepat.
Pastikan tim Anda menghabiskan waktu istirahat mereka sesuai aturan di kantor Anda, dan kembali bekerja. Bukankah lebih menyenangkan jika bisa pulang lebih cepat daripada kelamaan istirahat makan siang tapi terpaksa lembur?
4. Di Jepang, Gubernur Tokyo telah memerintahkan para karyawan balaikota untuk menyelesaikan pekerjaan paling lambat pukul 8 malam, untuk melawan "karoshi" atau kematian karena lembur berat. Setelah pukul 8 malam, lampu akan dimatikan, dan siapa pun yang masih bekerja akan diminta pulang.
Gerakan ini bisa menghemat pemakaian listrik di kantor Anda. Tetapkan jam kantor maksimal, lalu matikan listrik. Jika memang harus lembur, pastikan mereka mengisi formulir, dan umumnya hanya sekali-sekali.