Sehat / Kesehatan

Tiga Pilar Agar Tubuh Ideal

Pesona Kesehatan



Tubuh ideal bukan hanya diperoleh dari diet ketat. Ada tiga hal sederhana yang bisa Anda perhatikan untuk bergaya hidup sehat sehingga bisa mendapatkan tubuh yang ideal. Berikut adalah penjelasan dari ketiga pilar hidup sehat tersebut:

Makanan sehat

Terdiri dari protein, lemak, karbohidrat, serat, mineral, vitamin. Pilih karbohidrat kompleks seperti umbi-umbian, buah-buahan, gandum. Kegemukan terjadi bukan karena bahan makanannya, tetapi lebih sering karena cara pengolahan juga bumbunya.

Berikut adalah tip dan fakta seputar kandungan makanan yang penting Anda diketahui:

•Kandungan gula yang tinggi lebih berbahaya dari kolesterol, karena menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, juga buah-buahan berkadar gula tinggi. Jika tubuh membutuhkan asupan gula untuk energi, biarkan sel tubuh memecah lemak dan menjadikannya sebagai sumber energi. Disitulah fungsi terbaik dari lemak yang ada pada tubuh kita.

•Jangan telat makan walaupun 15 menit saja. Makanlah teratur tiga kali sehari, buang komponen karbohidratnya. Menambah protein lebih baik, sayuran yang terlalu banyak bisa membuat Anda kembung.
 
•Kadang kita memilih susu rendah lemak, padahal jika kita mengonsumsi susu yang kita butuhkan adalah lemak yang terkandung didalamnya. Jangan takut dengan lemak karena dibutuhkan tubuh, kekurangan lemak ternyata bisa menimbulkan depresi.

•Kurangi konsumsi daging impor, karena banyak mengandung omega 6. Daging lokal memang terkadang terasa agak keras, tetapi itu karena kandungan lemaknya rendah. Pilih daging merah karena sangat baik untuk menghilangkan glikasi atau penebalan di pembuluh darah.

•Untuk yang tidak mengonsumsi daging, atur makanan agar lebih seimbang. Kebanyakan kacang-kacangan juga kurang baik karena dapat menimbulkan asam yang lama kelamaan dapat memicu osteoporosis. Tambah konsumsi beet juga bayam merah dan sejenisnya.

Olahraga
Dalam berolahraga, yang penting dibutuhkan tubuh adalah peregangan otot atau stretching. Lakukan setiap habis bangun tidur. Kemudian cardio, dengan jenis low impact namun dilakukan dalam durasi yang panjang. Misalnya treadmill, jalan cepat, bersepeda. Dan yang terakhir, pembentukan otot. Pembentukan otot ini penting untuk pencegahan osteoporosis.

Tidur berkualitas
Pada waktu terbaik untuk tidur –yaitu sekitar pukul 21.00 – 03.30 wib- terjadi perbaikan sel-sel tubuh yang rusak, juga tubuh akan memproduksi hormon. Saat tidur ada hormon leptin yang diproduksi, hormon ini menghindarkan kita dari rasa ingin makan yang manis-manis. Produksi hormon tersebut akan berkurang saat kita kurang tidur, sehingga saat bangun keesokan harinya tubuh menginginkan makanan dengan rasa manis tersebut. Tidur yang kurang juga mempengaruhi kestabilan emosi. Maka, tidur yang berkualitas akan membantu tubuh Anda melakukan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak dan memproduksi hormon yang baik untuk membantu Anda terhindar dari keinginan mengonsumsi makanan manis yang merusak kesehatan.






KOMENTAR ANDA



Dengan meng-klik tombol "send" berarti Anda telah menyetujui Privacy Policy & disclaimer kami.

      login

Daftar di sini      |      Lupa Password
PESONA HARI INI
PESONA CETAK


KOMUNITAS




Karier Impian
Rencana karier kedua Anda ....

Bidang yang sama dengan karier pertama
Bidang yang berbeda dengan karier pertama



[ X ]
Setelah Anda browsing sebanyak 3 halaman, anda dapat mengisi angket mengenai website ini. Terima kasih.
Klik di sini untuk mengisi Angket.