Tak punya modal untuk memulai karier kedua? Anda bisa coba menciptakan bisnis online. Jika Anda ingin terlebih dulu melakukan uji coba apakah produk Anda bisa diterima oleh pasar atau tidak, tak ada salahnya untuk menggunakan jejaring media sosial seperti Facebook, sebelum membuat web store atau toko online personal berbentuk website. Seperti yang dilakukan Batik Snob.
“Setelah melihat tanggapan pasar yang sangat bagus dari Facebook, setahun kemudian kami baru membuat web store (www.batiksnob.com). Selain agar lebih profesional, hal ini juga memberikan jaminan keamanan dan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi belanja,” papar Lima Maskeni, salah satu pendiri Batik Snob. Setelah Anda memiliki toko online, bukan berarti Facebook ditinggalkan. Media sosial tersebut tetap bisa digunakan untuk kegiatan promosi. “Setiap ada koleksi baru atau program diskon, kami promosikan lewat Facebook. Tapi kalau mau berbelanja, tetap dirujuk untuk mengakses web store,” kata Lima.
Waizly pun setuju jika Facebook dijadikan sarana yang sangat tepat untuk promosi. “Terutama untuk produk-produk wanita dan anak-anak, mulai dari pakaian, makanan bahkan alat rumah tangga. Sebab mayoritas pengguna Facebook adalah kaum perempuan,” tambahnya.
Kalaupun Anda tak mau pusing mengurusi toko online dan melayani pelanggan secara langsung, jalan keluarnya adalah menitipkan produk Anda di online marketplace. Seperti halnya konsep mal atau department store, online marketplace berperan sebagai tempat untuk memasarkan aneka produk dan jasa dari berbagai produsen. Salah satu contohnya adalah ebay.com yang telah lama dikenal. Atau online marketplace lokal yang ada saat ini di antaranya www.rakuten.co.id atau blibli.com
Keuntungannya, karena situs ini sudah cukup populer, pengunjungnya pun akan lebih banyak. Sehingga produk Anda akan dilihat lebih banyak orang. Selain itu, kerjasama yang diterapkan dengan pihak pemilik tempat biasanya berbentuk konsinyasi (memotong sekian persen dari harga jual produk) atau biaya sewa ‘tempat display’ produk untuk kurun waktu tertentu.
Waspadai plagiator
Kelebihan lain dari berbisnis online adalah jangkauan pasar yang tak terbatas. Batik Snob, misalnya. Meskipun berbasis di Jakarta, namun mereka bisa melayani pelanggan mancanegara, mulai dari Australia, Jepang, Swedia, sampai Amerika Serikat. Hanya saja, sistem belanja online sangat mengandalkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang. Untuk itu, perlu memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan memiliki jaringan internasional.
Namun begitu, berjualan online juga punya kelemahan. Karena calon pelanggan bisa menjelajahi satu toko ke toko lain dengan mudah, otomatis mereka bisa membandingkan kualitas produk dan harga. Tentunya mereka akan memilih produk berkualitas terbaik dengan harga termurah. Jadi, sebaiknya lakukan survei terlebih dulu sebelum Anda menentukan harga.
Selain calon pelanggan, kompetitor pun bisa leluasa keluar-masuk toko online Anda. Karena itu, pastikan produk yang Anda tawarkan benar-benar punya keunikan tersendiri dan bersiaplah untuk terus berkreasi menciptakan inovasi baru.
“Setelah melihat tanggapan pasar yang sangat bagus dari Facebook, setahun kemudian kami baru membuat web store (www.batiksnob.com). Selain agar lebih profesional, hal ini juga memberikan jaminan keamanan dan kemudahan bagi konsumen dalam melakukan transaksi belanja,” papar Lima Maskeni, salah satu pendiri Batik Snob. Setelah Anda memiliki toko online, bukan berarti Facebook ditinggalkan. Media sosial tersebut tetap bisa digunakan untuk kegiatan promosi. “Setiap ada koleksi baru atau program diskon, kami promosikan lewat Facebook. Tapi kalau mau berbelanja, tetap dirujuk untuk mengakses web store,” kata Lima.
Waizly pun setuju jika Facebook dijadikan sarana yang sangat tepat untuk promosi. “Terutama untuk produk-produk wanita dan anak-anak, mulai dari pakaian, makanan bahkan alat rumah tangga. Sebab mayoritas pengguna Facebook adalah kaum perempuan,” tambahnya.
Kalaupun Anda tak mau pusing mengurusi toko online dan melayani pelanggan secara langsung, jalan keluarnya adalah menitipkan produk Anda di online marketplace. Seperti halnya konsep mal atau department store, online marketplace berperan sebagai tempat untuk memasarkan aneka produk dan jasa dari berbagai produsen. Salah satu contohnya adalah ebay.com yang telah lama dikenal. Atau online marketplace lokal yang ada saat ini di antaranya www.rakuten.co.id atau blibli.com
Keuntungannya, karena situs ini sudah cukup populer, pengunjungnya pun akan lebih banyak. Sehingga produk Anda akan dilihat lebih banyak orang. Selain itu, kerjasama yang diterapkan dengan pihak pemilik tempat biasanya berbentuk konsinyasi (memotong sekian persen dari harga jual produk) atau biaya sewa ‘tempat display’ produk untuk kurun waktu tertentu.
Waspadai plagiator
Kelebihan lain dari berbisnis online adalah jangkauan pasar yang tak terbatas. Batik Snob, misalnya. Meskipun berbasis di Jakarta, namun mereka bisa melayani pelanggan mancanegara, mulai dari Australia, Jepang, Swedia, sampai Amerika Serikat. Hanya saja, sistem belanja online sangat mengandalkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang. Untuk itu, perlu memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya dan memiliki jaringan internasional.
Namun begitu, berjualan online juga punya kelemahan. Karena calon pelanggan bisa menjelajahi satu toko ke toko lain dengan mudah, otomatis mereka bisa membandingkan kualitas produk dan harga. Tentunya mereka akan memilih produk berkualitas terbaik dengan harga termurah. Jadi, sebaiknya lakukan survei terlebih dulu sebelum Anda menentukan harga.
Selain calon pelanggan, kompetitor pun bisa leluasa keluar-masuk toko online Anda. Karena itu, pastikan produk yang Anda tawarkan benar-benar punya keunikan tersendiri dan bersiaplah untuk terus berkreasi menciptakan inovasi baru.