Sehat / Diet & Nutrisi

Makanan Sehat dan Jus Segar Untuk ‘Orang Kantoran’

Pesona Diet & Nutrisi

Berstatus ‘orang kantoran’ dengan jadwal padat membuat kita kadang melupakan makanan sehat, terutama untuk makan siang. Macetnya jalanan ibu kota, membuat makan siang sering dilewatkan oleh kebanyakan karyawan. Jika kantor memiliki kantin karyawan yang menyediakan makan siang sehat, mungkin masih tertolong. Tapi jika tidak, pilihan biasanya jatuh pada makanan yang dijual di sekitar kantor, yang mudah dijangkau dengan berjalan kaki.
    
Makanan cepat saji mungkin bisa memberi rasa kenyang seketika, namun tak menjamin kesehatan Anda. Agar kebutuhan gizi terpenuhi, terlebih dulu Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang gizi dan dari makanan apa saja sumber gizi tersebut berasal. Setelah mengetahuinya, Anda perlu mengkombinasikan menu setiap hari, sehingga menu
makan siang Anda akan terus bervariasi.

Namun, jika Anda tak mau repot mengingat-ingat kandungan gizi dan menghitung-hitung jumlah kalori makan siang Anda, kini ada layanan katering yang membantu Anda memiliki makan siang sehat tanpa repot. Salah satu layanan katering yang menyediakan makanan sehat ini adalah Nutricious Gourmet (NG) yang dipantau oleh ahli gizi Hindah Muaris yang bisa dihubungi melalui email : hindah@gmail.com.    

Sebelum mengkonsumsi makan siang, biasakan untuk memakan buah atau meminum jus terlebih dahulu. Karena buah mengandung enzim-enzim yang akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi. Berikut adalah jus yang baik menurut Hindah Muaris, seorang ahli gizi yang sudah berkecimpung di dunia kuliner selama 15 tahun:
1. Sebaiknya jus dibuat dengan blender bukan dengan juicer agar seratnya tetap ada
2. Jangan tambahkan gula murni atau susu ke dalam jus
3. Sebaiknya gula diganti dengan madu jika ingin tetap ada tambahan manis
4. Boleh ditambah perasan lemon untuk menambah kesegaran
5. Minum segera dan habiskan karena setelah 3 jam, kandungan gizi dari buah yang sudah diolah menjadi jus akan hilang. Maka, jika terpaksa harus membeli jus di luar kantor, mintalah jus yang baru diolah, bukan jus yang sudah jadi.

Selain jus, yang perlu diperhatikan oleh ‘orang kantoran’ adalah kebiasaan mengkonsumsi gorengan. Hindah memperbolehkan konsumsi gorengan selama dimasak di rumah dengan minyak yang baik dan dibawa ke kantor. Hindah melarang membeli gorengan jika dibeli di sembarang tempat, apalagi jika jelas terlihat bahwa minyak yang digunakan sudah berubah warna menjadi hitam dan sudah beberapa kali digunakan.


Tenni Purwanti





KOMENTAR ANDA



Dengan meng-klik tombol "send" berarti Anda telah menyetujui Privacy Policy & disclaimer kami.

      login

Daftar di sini      |      Lupa Password
PESONA HARI INI
PESONA CETAK


KOMUNITAS


[ X ]
Setelah Anda browsing sebanyak 3 halaman, anda dapat mengisi angket mengenai website ini. Terima kasih.
Klik di sini untuk mengisi Angket.