
Ketika meeting atau sedang menyimak penjelasan klien, Anda mungkin bisa mengandalkan notulis atau sekretaris.
Namun jika Anda ingin gerak cepat mengantisipasi hasil meeting, penting juga mencatat sendiri, sekaligus melatih kemampuan mengingat Anda.
Namun, mendengarkan sambil ikut bercakap-cakap plus membuat catatan justru membuat kemampuan mengingat Anda menurun jadi 70%. Agar poin-poin yang perlu ditulis tidak terlewat, coba cara berikut.
1. Manfaatkan teknologi
Selain smartphone, pada laptop dan tablet pasti ada mikrofon. Rekam kalimat atau kata-kata yang ingin Anda tulis untuk menghemat waktu menulis, serta menghindari Anda terlewat dari percakapan lebih jauh.
2. Mengetik lebih cepat dari menulis
Kalau tidak memungkinkan merekam suara sendiri, ketik menggunakan gadget Anda. Pengetik profesional dapat mengetik sampai 50-80 kata per menit (orang awam 22-33 kata per menit), dan cukup meningkatkan penulisan informasi sampai 50%.
3. Gunakan steno dan singkatan
Tulisan steno bisa mempercepat Anda menulis dengan frase-frase singkatnya. Menggunakan singkatan juga dapat menghemat waktu menulis, asal Anda tidak lupa maksud singkatan-singkatan tersebut, ya, he he he....
4. Garis bawahi dan gunakan warna (highlight)
Kalau sedang menulis, garis bawahi bagian penting yang perlu Anda ingat nanti, termasuk waktu, tanggal, nomor, dan nama. Bagian yang diwarnai membuat kata-kata tersebut melekat di kepala Anda.
5. Tip setelah meeting
Jangan lupa tinjau kembali catatan Anda bersama tim Anda yang bertugas, supaya informasi ini mudah diingat dan diaplikasikan.