Kebiasaan menunda pekerjaan dalam waktu lama bakal membuat pekerjaan menumpuk.
Umumnya Anda sering menunda pekerjaan gara-gara ingin mendapatkan sedikit waktu luang. Padahal ujung-ujungnya, Anda terlambat menyelesaikan pekerjaan.
Segera hentikan kebiasaan tersebut, dan lakukan tip efektif berikut daripada menunda-tunda pekerjaan!
1. Buat daftar yang harus dikerjakan
Catat semua tugas yang harus Anda lakukan; mau manual di agenda atau di smartphone, sih, terserah. Pisahkan tugas yang harus dilakukan segera dan tugas yang bisa dilakukan nanti.
Dengan daftar ini, Anda jadi lebih fokus dalam mengidentifikasi tugas-tugas penting, seperti menyelesaikan proyek, membuat presentasi, atau menghitung pembukuan.
2. Tetapkan tenggat waktu yang realistis
Setelah memiliki daftar hal yang harus dilakukan, Anda wajib mengatur tenggat waktu bagi diri sendiri. Pastikan tenggat waktu ini realistis.
Anda pun harus disiplin untuk melakukannya agar menghindari penundaan. Setelah tahu berapa banyak waktu dimiliki untuk mengerjakan hal tersebut, Anda jadi malas untuk menunda pekerjaan.
3. Pastikan semua teratur dan lebih disiplin
Anda harus memastikan segala hal berjalan teratur, agar bisa mencapai keberhasilan. Semakin tidak sistematis cara kerja Anda, makin sering Anda menunda pekerjaan.
Karena itu, Anda harus menjaga dan memastikan hal-hal tetap rapi dan terorganisasi. Kebiasaan menunda pekerjaan pun akan hilang dengan sendirinya.
4. Berikan penghargaan
Saat Anda berhasil menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, berikan hadiah bagi diri sendiri. Misalnya, mengambil cuti, kumpul dengan teman, atau pergi ke salon.
Dengan begitu, Anda merasa bahagia dalam mengerjakan tugas tepat waktu. Nantinya, Anda bakal semakin termotivasi menjalankan pekerjaan dengan terorganisasi dan disiplin.