
Saat ini, tak salah jika mengatakan bahwa hampir semua produk ingin menyasar anak muda yang masuk dalam The Millennials, atau mereka yang berusia di bawah 35 tahun. Bahkan, konsumen remaja, yang tahu Gucci bukan dari orang tua mereka.
Mereka mungkin belum punya kekuatan finansial seperti Generasi X, tapi mereka mudah dipengaruhi, terutama secara visual lewat media sosial, dan sangat melek fashion.
Dan hal itu sangat diolah oleh Gucci, rumah mode asal Italia yang didirikan tahun 1921 oleh Guccio Gucci di Firenze. Lewat arahan direktur kreatif Alessandro Michele sejak tahun 2015, Gucci tak hanya berhasil memudakan diri. Kampanye iklannya pun digarap dengan gaya yang disukai The Millennials: Penuh warna, tidak ikut aturan, dan suka-suka.
Intinya, Gucci sukses menawarkan koleksi yang pas dengan selera The Millennials. Entah lewat kembalinya logo-logo besar ala 90-an maupun warna-warna seru berpadu leather kualitas tinggi.
Hal ini dibuktikan oleh data dari berbagai lembaga riset. Meski selembar T-shirt Gucci harganya ratusan dolar AS atau jutaan rupiah, di tiga kuartal pertama tahun 2017 penjualan Gucci 55% berasal dari konsumen di bawah usia 35.

Survei di AS yang melibatkan 6.000 remaja menunjukkan bahwa Gucci masuk 10 besar brand favorit remaja. Dan di kuartal pertama 2018, penjualan Gucci sudah naik 48,7%, termasuk penjualan online yang berlipat ganda.
Pastinya Gucci menggandeng idola The Millennials. Contohnya Jared Leto. Meski ia tak muda lagi, vokalis band Thirty Seconds from Mars adalah musisi rock dengan basis fans The Millennials yang besar. Saat manggung, Jared selalu tampil dalam berbagai jubah Gucci yang unik.
Gucci juga mendukung BTS, boyband Korea dengan popularitas sampai ke Amerika. Sejak tahun lalu BTS rutin memakai koleksi Gucci saat manggung, datang di ajang penghargaan, maupun dalam klip video. Di Billboard Music Awards 2018, tujuh personel BTS tampil sangat kasual, tapi seluruhnya dalam Gucci.
Jadi, kalau mau dianggap gaul dan tahu brand mewah, mungkin Gucci bisa jadi pilihan Anda. Asal pastikan beli yang asli, ya!
Foto: Gucci, Billboard.com