
Pandemi membuat gaya hidup kita berubah, termasuk dalam menyelenggarakan pernikahan..
Perencanaan pernikahan melalui pemanfaatan teknologi pun makin dicari, karena dinilai lebih praktis dan efisien.
Salah satu buktinya, “Transaksi kategori Wedding di Tokopedia pun melonjak hampir 4x lipat selama Q2 2021 lalu jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” kata Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia.
Adaptasi di tengah kebiasaan baru membuat jangka waktu perencanaan pernikahan menjadi lebih singkat.
“Menurut data internal Bridestory terkait industri pernikahan di 2020 lalu, sekitar 31,51% calon pengantin membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan untuk mempersiapkan pernikahan,” ungkap Gisela Setyawan, Senior Head of Wedding Business Bridestory.
Intimate wedding menjadi konsep paling trendi selama pandemi, karena lebih sedikit mengundang orang.
“Kebanyakan pasangan hanya mengundang 30 orang untuk prosesi pemberkatan maupun akad nikah, sedangkan 60 tamu untuk sesi resepsi,” kata Gisela.

Bridestory, bagian dari ekosistem Tokopedia, memperkenalkan tren pernikahan tahun 2021, A Bright New Season, ditandai penggunaan warna-warna cerah seperti kuning, biru muda dan ungu yang menyimbolkan optimisme dari awal perjalanan baru.
Dalam peluncuran virtual tren A Bright New Season, Tokopedia bersama Bridestory juga berbagai tips dan inspirasi untuk mempermudah calon pengantin dalam mempersiapkan pernikahan mereka di masa pandemi.
Klik halaman selanjutnya untuk tips mengadakan intimate wedding!