Berlangsung sepanjang 17-21 April 2019 di Bangkok International Trade and Exhibition Centre (BITEC), Style Bangkok yang menampilkan lebih dari 900 perusahaan dari 70 negara untuk produk-produk gaya hidup itu diresmikan oleh oleh Permanent Secretary of Thai Commerce, Boonyarit Kalayanamit, dan Direktur Jenderal DITP, Banjongjitt Angsusingh.
Kalayanamit mengungkapkan bahwa Style Bangkok adalah integrasi dari tiga festival kreatif besar yang sudah berlangsung lebih dari 20 tahun, yaitu Bangkok International Fashion Fair dan Bangkok International Leather Fair atau BIFF & BIL, Bangkok International Gift Fair dan Bangkok International Houseware Fair atau BIG + BIH, serta Thailand International Furniture Fair atau TIFF.
Dengan konsep tematik "Crenovative Origin" yang mewakili kreativitas, inovasi dan orisinalitas identitas Thailand dalam produk gaya hidup, Style Bangkok 2019 memiliki 20 sub-tema pameran yang menarik, misalnya "New Faces" dan "Regional SMEs Pavilion" yang merangkul lebih dari 130 pengusaha lokal di seluruh negeri, serta "The Niche Showcase" menampilkan ceruk pasar khusus yang tumbuh dengan cepat, seperti produk ibu dan anak, 60+ untuk lansia, atau binatang peliharaan.
Ada juga segmen yang dirancang untuk menginspirasi dan mendorong pertukaran ilmu antar pencipta, misalnya Functional Textile, Pattern Creator, dan Material Solution, yang semuanya menyajikan tren inovatif dan terkini tentang penggunaan bahan dalam produksi kreatif produk gaya hidup.
"Meski di kebanyakan negara saat ini pasarnya cukup fokus untuk menjangkau milenial, di dalam negeri Thailand sendiri pasar yang paling menarik adalah pasar 60+ atau lansia. Beberapa produknya bisa kita lihat di Style Bangkok ini, misalnya pakaian yang memudahkan lansia yang mobilitasnya terbatas," ungkap Angsusingh.
Banyak juga agenda seminar yang menarik untuk dihadiri para pelaku industri, misalnya “Potensi Tak Terlihat: Pengembangan Produk Tekstil dan Mode Thailand untuk Pasar Internasional" dari Eponine London, dan "Panduan Untuk Bisnis Fashion di Jepang" oleh PR01 Showroom.
Foto: Zea Zabrizkie, DITP