
Para pelaku industri fashion lokal tidak perlu ragu lagi dalam mengembangkan usaha mereka.
Meskipun baru didirikan akhir November lalu dan diresmikan 19 Januari 2017, World Fashion Connect siap (WFC) mengangkat ekonomi fashion Indonesia. Keempat pendiri WFC, Indra Sukirno, Moskwita Darmawan, Ina Indrawati, serta Dahlia Sardjono, tampak sangat semangat dan optimis dengan visi mereka, "Elevating Indonesian fashion economy to the next level."
Para pencinta fashion Indonesia ini mendirikan WFC sebagai agensi independen untuk menjembatani buyer internasional dengan fashionpreneur (desainer, kreator, dan pengusaha fashion). WFC bercita-cita agar para fashionpreneur mendapat pengakuan dan liputan global baik untuk brand maupun produknya, memperluas jaringan untuk bisnis yang berkelanjutan, serta membawa kekayaan ragam seni, etnik dan budaya Indonesia ke mancanegara. Nantinya, Indonesia, khususnya Jakarta, dapat menjadi fashion hub di ASEAN.
Dalam menjalankan misinya, WFC tidak main-main. Mereka bekerja sama dengan para kurator fashion dan fashionpreneur, didukung penuh oleh pihak Kementerian Perdagangan serta Badan Ekonomi Kreatif.
Ke depannya, WFC sudah menyiapkan beberapa agenda penting seperti mengadakan program edukasi dan pembekalan berupa seminar dengan berbagai pembicara ternama secara berkala, mengadakan sesi pertemuan antara international buyer (department stores, flagship stores, maupun retail) dan fashionpreneurs. WFC juga akan bekerja sama dengan fashion week baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Foto: Nanda Djohan