1. Lakukan Evaluasi
Mulailah dengan pertanyaan: Mengapa saya membenci pekerjaan saya? Apakah ini perasaan yang baru muncul belakangan, atau sebenarnya selalu ada sejak awal? Ratih menyarankan agar Anda membuat evaluasi terhadap hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, misalnya apa pencapaian atau prestasi yang Anda capai selama Anda bekerja di kantor Anda dan 1 tahun terakhir. Termasuk juga di dalamnya penilaian Anda terhadap atasan, bawahan, rekan kerja, lingkungan pekerjaan, rutinitas pekerjaan, hasil penilaian performance kerja, renumerasi yang diperoleh, dan sebagainya. Berangkat dari penilaian ini, lanjutkan dengan memastikan penyebab ketidakbahagiaan yang Anda rasakan. Apakah betul diakibatkan oleh pekerjaan Anda? Bila ya, hal apa yang memberatkan Anda di kantor? Rekan kerja, atasan, bawahan, tuntutan pekerjaan, lokasi kantor, atau gaji/renumerasi yang kurang?