4. Jelaskan tantangan dan tujuan
Pemahaman bersama akan masalah perusahaan itu penting. Ini bisa membuat karyawan fokus pada sesuatu yang bisa mereka kendalikan.
5. Klarifikasi rumor
Rumor menurunkan semangat kerja tim, juga reputasi organisasi. Konfirmasi rumor yang beredar melalui berbagai media, e-mail blast, intranet post, pertemuan formal atau non-formal.
6. Pujian untuk keberhasilan
Ini dapat meningkatkan semangat kerja yang positif. Jangan lupa mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka.
7. Jangan lupa bersenang-senang
Humor dan gelak tawa bisa menurunkan kadar stres. Lakukan kegiatan bersama tim Anda di luar jam kerja. Tak perlu mahal atau sulit, yang penting menyenangkan. Coba makan siang bersama ala potluck di kantor atau semudah membuat kontes permainan antar island di divisi Anda.
[Baca juga 5 pertanyaan sebelum memutuskan PHK]