Terlambat rapat
Tanya :
Saya pernah punya janji business lunch dengan seorang klien. Tapi ternyata dia datang
terlambat sampai 30 menit tanpa memberi kabar. Padahal apa susahnya mengangkat ponsel? Tentu saja saya marah. Tapi mengingat dia klien penting, saya mencoba bersikap ramah. Apa yang harus saya lakukan lain kali kalau dia mengajak meeting di restoran lagi? (Indira, Jakarta Barat)
Jawab :
Etiketnya, orang yang mengundang harus datang terlebih dahulu – paling tidak beberapa menit-- di tempat pertemuan, bukan sebaliknya. Dan bilamana salah satu pihak terpaksa datang terlambat, ia harus memberi kabar. Klien Anda telah bertindak tidak profesional. Sikap Anda benar karena tidak marah-marah di restoran. Lain kali, mintalah dengan baik-baik agar dia menepati jam pertemuan. Beri batas waktu sepanjang batas kesabaran Anda. Tapi tentunya utarakan hal itu dengan sopan. Katakan, “Mohon maaf… saya punya janji lain sesudah meeting ini sehingga tidak bisa menunggu Anda terlalu lama.” Anda pun bisa meminta nomor ponselnya untuk mengecek kalau-kalau dia datang terlambat lagi. Mengetahui seseorang berada di mana (sekalipun terlambat) masih lebih enak daripada menunggu sambil bengong.